Selasa, 06 November 2018

TIPS MEMBUAT RUANGAN DINGIN MENGGUNAKAN KIPAS ANGIN AC


Manfaat atau kegunaan dari kipas angin atau air cooler adalah untuk mendinginkan ruangan. Indonesia adalah salah satu negara tropis yang memiliki cuaca yang cukup panas, oleh sebab itu mengapa banyak sekali masyarakat yang membutuhkan benda elektronik seperti misalnya kipas angin maupun AC untuk mengatasi cuaca panas yang ada di Indonesia. Jika Anda sudah membeli kipas angin atau AC namun mungkin masih merasa kegerahan maka pada kesempatan kali ini kami akan memberitahu informasi penting mengenai tips membuat ruangan dingin menggunakan kipas angin AC. Apa saja tipsnya? Simak ulasan di bawah ini : 

1.    Sesuaikan ukuran kipas angin dengan ruangan
Salah satu hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin membuat sebuah ruangan menjadi dingin adalah menyeimbangkan antara luas atau besar ruangan dengan kipas angin Anda. Jika ruangan Anda besar tentu saja tidak akan terasa dingin atau sejuk jika Anda menggunakan kipas angin yang mini. Oleh karena itu sebelum Anda membeli kipas angin pastikanlah jika ukuran atau luas ruangan itu sudah sesuai dengan kipas angin yang Anda beli ya karena jika tidak maka tentu saja ruangan tidak akan terasa sejuk. Misalnya saja jika ingin membeli kipas untuk ruangan 3 x 4 maka Anda bisa membeli kipas gantung ukuran sedang atau kipas berdiri sehingga seluruh ruangan bisa mendapatkan udara yang cukup. 

2.    Sesuaikan peletakan kipas angin di dalam ruangan
Tips selanjutnya untuk membuat ruangan supaya menjadi lebih dingin atau sejuk menggunakan kipas angin AC adalah dengan menyesuaikan peletakan kipas angin di dalam ruangan ya. Pastikan supaya Anda meletakkan kipas angin di tempat yang bisa menjangkau semua sisi ruangan, misalnya letakkan di tengah ruangan atau di ujung ruangan yang bisa membuat semua sisi ruangan terkena udara.  Jadi jika Anda ingin supaya ruangan Anda sejuk maka letakkan kipas angin di tempat yang tepat sehingga semua ruangan bisa terkena sejuknya udara dari baling-baling kipas angin. 

3.    Sering membersihkan kipas angin
Tips ketiga untuk membuat ruangan menjadi tetap lebih dingin menggunakan kipas angin adalah dengan sering membersihkan kipas angin. Walau mungkin ukuran kipas angin Anda sudah sesuai dengan ruangan, kemudian peletakknya juga sudah tepat bisa menjangkau semua ruangan namun jika kipas angin terutama baling-baling kipasnya sangat kotor maka itu bisa menganggu kerja kipas angin itu sendiri. Jika debu dan kotoran menempel pada jaring-jaring kipas angin atau pada baling-balingnya dan tidak segera dibersihkan maka bisa membuat udara dari baling-baling tidak bisa keluar dengan baik sehingga Anda tidak merasakan kesejukan dari kipas angin secara maksimal. Oleh karena itu mulai sekarang sering-seringlah membersihkan kipas angin sehingga kipas angin bisa bekerja secara maksimal. 

4.    Sesuaikan kekuatan putar kipas angin
Yang terakhir, jika Anda merasa sangat gerah karena hawa atau udara yang panas maka kami menyarankan supaya Anda menyesuaikan kekuatan putar kipas angin sesuai dengan yang Anda inginkan. Biasanya setiap kipas angin memiliki daya kekuatan mulai dari tombol 1 hingga 3. Biasanya tombol 3 adalah tombol yang semakin kencang. Jika Anda mungkin masih merasa jika kipas angin di ruangan atau di rumah Anda itu kurang dingin maka Anda bisa memencet tombol daya sesuai dengan keinginan Anda. Jika mungkin Anda merasa walau sudah memencet tombol daya yang ketiga namun rasanya masih sama saja seperti tombol daya 1 maka mungkin saja kipas angin Anda mengalami kerusakan pada bagian mesinnya.

Itu tadi beberapa infromasi yang bisa kami sampaikan mengenai tips membut ruangan menjadi dingin menggunakan kipas angin AC. Kami sarankan supaya Anda memilih kipas angin yang berkualitas sehingga Anda bisa merasakan dingin atau sejuknya udara dari kipas angin Anda. Salah satu tips terpenting adalah dengan sering membersihkan kipas angin agar debu dan kotoran tidak lagi menempel pada kipas angin ya. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Follow us