Senin, 15 Mei 2017

Hindari Kesalahan Renovasi Ini Agar Rumah Mudah Saat Dijual Kembali!!

Renovasi rumah merupakan hal yang cukup wajar dilakukan oleh masyarakat. Baik itu yang membeli rumah bekas ataupun yang akan menjual rumah. Transaksi jual beli properti yang marak terjadi saat ini membuat nilai jual properti tersebut semakin tinggi. Hal inilah yang membuat investasi properti semakin melonjak peminatnya.

Banyak masyarakat yang membeli rumah bekas untuk direnovasi dan dijadikan sebagai investasi properti yang menjanjikan agar dapat memberikan keuntungan besar ketika dijual kembali di masa mendatang. Tapi tahukah kamu ada renovasi rumah tertentu yang justru akan membuat rumah menjadi sulit untuk dijual atau bahkan dapat dijual namun nilainya menurun sangat drastic. Bukannya keuntunggan yang di dapatkan justru malah kerugian yang kamu hadapi. Hal seperti ini tentu kamu tidak ingin mengalaminya bukan?


Biasanya para calon pembeli rumah sudah memiliki konsep tersendiri untuk desain rumah yang mereka inginkan. Untuk itu jangan pernah lakukan renovasi pada rumah yang akan diinvestasikan dengan perbaikan yang berlebihan agar jerih payahmu tidak sia – sia!! perhatikan beberapa hal berikut ini, Hindari melakukan renovasi rumah seperti Ini!!

Membuat Halaman Yang Luas
Banyak masyarakat di Indonesia yang mungkin senang memiliki halaman rumah yang luas dengan rerumputan hijau yang menyegarkan. Istilah go green mungkin pantas disebut untuk desain rumah seperti ini. Meskipun Nampak sejuk dan nyaman hal ini tidak akan menjami proses jual beli properti yang kamu lakukan berjalan lancar. Tidak semua pembeli rumah akan menyukai hal ini. Kamu tau bukan bila rumput yang tumbuh di halaman harus selalau dipoting dalam jangka waktu tertentu. Artinya pemilik rumah harus mengeluarkan waktu dan tenaga yang ekstra untuk memotong rumput dengan halaman yang luas ini paling tidak mengeluarkan biaya untuk sewa tukang kebun.

Bila sudah terlanjur memiliki  halaman yang luas. Coba siasati dengan melakukan penataan dengan memasang beton pencetak atau conblock di beberapa area. Hal ini juga bisa menjadi jalur untuk jalan kaki. Hal ini tidak akan mengurangi estetika taman. Porsi rumput di halaman akan sedikit berkurang.

Kolam Renang
Keberadaan kolam renang terkadang dijadikan sebagai symbol tingginya status sosial pemilik rumah. Sama seperti taman, kolam renang ini memerlukan perawatan yang ekstra pula untuk membersihkannya. Kolam renang harus dikuras dan dibersihkan setiap satu minggu sekali. Lumaya merepotkan bukan, terlebih lagi harus ada kadar kalsium tertentu di kolam renang yang harus diperhatikan untuk kesehatan pemilik rumah.

Renovasi Rumah Dengan Konsep Megah
Perlu kamu ingat jika pertimbangan seseorang untuk membeli rumah ialah luas, harga dan lokasi rumah tersebut. Maka pilihan untuk melakukan renovasi rumah dengan menerapkan konsep megah merupakan hal yang salah kamu  lakukan. Masalah konsep dan desain rumah ini urusan selera tidak bisa dipandang dan diterapkan saat investasi properti.

Perlu kamu pahami bila setiap orang memiliki selera dan preferensi yang berbeda – beda terkait rumah ideal yang mereka inginkan. Ada yang suka dengan rumah sederhana dan simple ada juga yang suka dengan konsep unik atau mengambil dari adat tertentu.

Mengurangi Jumlah Ruangan
Ada beberapa orang yang sengaja renovasi rumah untuk meningkatkan nilai jual properti dengan mengurangi jumlah ruangan atau kamar untuk membuat rumah tampak lebih luas. Tapi justru hal ini salah dilakukan. Seluas apapun rumah yang akan dijual jika hanya memiliki satu ruangan untk tidur dan satu kamar mandi tetap saja dianggap kecil. Kebutuhan rumah untuk setiap keluarga berbeda – beda serahkan hal ini langsung kepada pembeli !!

Tidak Ada Garasi
Salah fatal bila kamu mengangap bila ruangan untuk menyimpan kendaraan ini akan baik – baik saja jika dihilangkan atau dialihkan fungsinya. Justru ruangan ini kerap kali dijadikan sebagai faktor utama seseorang mencari rumah baru. Pikirkan ulang jika ingin mengurangi jumlah ruangan. Jangan ambil porsi dan fungsi ruangan lain untuk membuat rumah tampak menarik dimata pembeli. Ingat !! kebutuhan setiap pembeli berbeda – beda. Kamu akan mengalami kerugian bila melakukan hal ini !

Renovasi rumah untuk dijual kembali merupakan hal yang perlu dipertimbangkan dengan baik – baik. Jika kamu membeli rumah untuk investasi atau dijual kembali. Jangan lakukan renovasi yang merubah bangunan. Cukup untuk memperbaiki penampilannya saja seperti melakukan pengecatan ulang dan perbaikan di beberapa bagian rumah. Mempercantik dan merapikan merupakan hal yang benar untuk melakukan perbaikan rumah yang akan dijual. Selain membuat pembeli tertarik dengan penampilan dan kebersihan rumah. Nilai jual rumah pun akan bertambah.

Semoga ulasan informasi diatas bisa menjadi referensi dan ilmu yang bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk menjadi lebih bijak saat melakukan perbaikan dan renovasi rumah. Jika ingin proses jual beli properti yang kamu lakukan mendatangkan keuntungan berlimpah. Lakukan semua itu dengan bijak dan penuh pertimbangan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Follow us